Monday, November 12, 2012

Hari Gini, Percaya Ramalan Bintang? Remaja Muslim, Baca Ini Deh...


Sahabat muda yang smart, pasti tahu dong yang namanya zodiak alias ramalan bintang? Rubrik yang satu ini biasanya tak pernah absen muncul di majalah-majalah remaja kita. Tak sedikit pula, ketika kita mengobrol dengan kawan kita, ada yang bertanya, "Eh, tanggal lahir loe tanggal berapa?" "Tanggal 16 Agustus..." "Berarti bintang loe Leo dong?" Tak jarang juga sebagian dari kita memasukkan nama bintang kita--atau kalau kata orang bule, starsign--ke dalam username Facebook kita, misal : UjankLeoBoyCemungudhClalu. Aplikasi di smartphone dan media sosial pun ada yang menghadirkan layanan ramalan bintang yang diperbarui setiap hari. Intinya, zodiak buat sebagian remaja muslim sudah tak asing, dan bahkan wajib ada dalam hidup.

Apa sih yang biasanya dicek di zodiak AKA ramalan bintang? Biasanya kalo nggak subjudul "cinta", pasti subjudul "keuangan". Misal, kalo bintang kamu Capricorn misalnya, terus di kolom "cinta" ditulis: "Kamu udah nunjukin perhatian lebih ke si dia, tapi dia-nya cuek aja." Biasanya nih, kalau kamu percaya ramalan bintang dan punya zodiak Capricorn, kamu langsung ngecek ke orang kamu suka, bener gak kelakuannya sama kayak yang ditulis di ramalan bintang. Terus, kalau di kolom keuangan ditulis: "Ada rejeki nomplok minggu ini, siap-siap aja." Biasanya orang yang percaya ramalan bintang bakal ngarep tiba-tiba ayah atau ibunya ngasih uang jajan lebih pekan ini atau ada saudara jauh aja (jauh banget tuh Beijing) yang nongol di rumah yang ngasih uang dan gedenya lumayan.

Pengertian Zodiak dan Ramalan Bintang

Wikipedia menjabarkan zodiak sebagai: "...tanda bintang seseorang yang didasarkan pada posisi matahari terhadap rasi bintang ketika orang tersebut dilahirkan. Zodiak yang dikenal sebagai astrologi terdiri dari 12 rasi bintang (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces). Zodiak ini biasa digunakan sebagai ramalan nasib seseorang, yaitu suatu ramalan yang didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak.

Ilmu perbintangan sendiri sebetulnya terbagi dua, astronomi, dan astrologi. Astronomi itu ilmu yang dipakai oleh para pelaut untuk menentukan arah dan koordinat tempat, memastikan mereka tidak tersesat di laut yang luas. Sedang astrologi, adalah ilmu di mana orang mencari peruntungan mereka (meramal) berdasarkan letak-letak bintang, apakah hari ini mereka akan beruntung ataukah sial.

Hukum Ramalan Menurut Islam

Baginda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Siapa yang mempelajari ilmu nujum (astrologi) berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya, maka bertambah pula ilmu sihirnya." (HR Ahmad dengan sanad hasan).

Jadi jelas kan, kalau kita pelajari ilmu astrologi macam mama Loreng dan Ki Jono Pinter tuh gak boleh dalam Islam, karena ilmu sihir adalah ilmu yang sangat diharamkan tuk dipelajari, sebab mempraktekkan sihir termasuk hal yang bisa membawa orang pada kekafiran, buktinya bisa dicek di surah Al-Baqarah: 102. Sebagian kamu pasti bakal nanya, "Kita kan gak mau jadi peramal, kita cuma ngebaca ramalannya doang kok?"

Menurut hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi Muhammad saw. bersabda, "Siapa yang mendatangi tukang ramal, dan membenarkan perkataan mereka, maka ia telah kafir terhadap Al-Qur'an yang telah diturunkan pada Muhammad." Wedeeeww, kurang dahsyat apa coba dosanya? Kenapa sih kok segitu kerasnya hukum buat ramalan? Soalnya, Al-Qur'an telah jelas-jelas menyatakan dalam surah An-Naml : 65, yang mengetahui segala sesuatu tuh cuma Allah, kagak ada yang laen. Hadits lain yang diriwayatkan Imam Muslim menyebut, orang yang mempercayai perkataan peramal maka akan ditolak dan tidak diterima shalatnya selama 40 hari.

Sikap Kita Seharusnya
Nah, sobat muda Smart, dah jelas kan harusnya sikap gimana sikap kita? Mulai hari ini, yuk kita stop baca-baca ramalan bintang, apalagi percaya. Kamu yang sekarang punya aplikasi zodiak, dihapus deh. Yang follow ramalan bintang di twitter juga, hayo di-unfollow sekarang juga.

Hari gini, percaya ramalan bintang? [AP/ SmartStudents]


0 comments:

Post a Comment