Friday, November 23, 2012

Belajar Hypnosis dan Manfaatnya



Siapapun anda yang membaca tulisan ini, mungkin sudah tidak asing mendengar istilah Hypnosis. Orang yang ahli ilmu Hypnosis disebut Hypnotist. Bagi yang mempelajari Hypnosis melalui pelatihan ataupun workshop selama beberapa hari biasanya akan diberikan sertifikat atau gelar CH (Certified Hypnotist = Sertifikat Ahli Hypnosis) meskipun tidak ada jaminan bagi peserta yang mengikuti pelatihan pasti akan dapat menguasai ilmu ini.

Sekilas tentang Hypnosis

Pengalaman saya belajar Hypnosis dengan seorang trainer asal Malaysia, Hypnosis merupakan ilmu yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kesan bahwa ilmu tersebut bagian dari ilmu gaib sebenarnya tidak benar. Orang yang belajar ilmu Hypnosis tidak akan menemui ritual-ritual seperti mempelajari ilmu-ilmu gaib. Belajar ilmu Hypnosis tidak perlu puasa, melafalkan mantera atau amalan-amalan lain yang memberatkan. Dalam pelatihan yang pernah saya ikuti, kita diajarkan untuk dapat berkomunikasi dengan baik, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk kemudian dapat mempengaruhi orang lain dengan beberapa tahapan Hypnosis.

Apakah manfaat belajar Hypnosis?

Hypnosis dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Untuk diri sendiri misalnya untuk meningkatkan kepercayaan diri, melancarkan usaha atau bisnis, meningkatkan kepekaan batin serta berbagai hal-hal positif lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan. Sedangkan manfaat positif untuk menolong orang lain antara lain dapat mengobati berbagai penyakit psikologis, terapi ketergantungan obat/narkoba, mengatasi anak yang nakal/bandel. Selain itu, kemampuan Hypnosis juga bisa digunakan untuk pendidikan maupun hiburan dalam bentuk show pertunjukan.

Bagaimana cara belajar Hypnosis?

Mempelajari ilmu Hypnosis tidak membutuhkan waktu banyak. Untuk tingkat awal, waktu satu hari sebenarnya cukup untuk mempelajari ilmu tersebut meskipun dalam pelatihan yang biasanya minimal selama dua hari. Hypnosis juga bisa dipelajari banyak orang dari agama apapun dan tanpa pantangan. Yang menarik, setelah menguasai ilmu Hypnosis mereka langsung bisa mempraktekkannya. Mereka yang sudah belajar ilmu Hypnosis pasti akan merasakan perubahan-perubahan yang berarti dalam hidupnya terutama berkaitan dengan semangat hidup yang meningkat berkali lipat, misalnya adanya sugesti yang sangat kuat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Bagaimanapun kepercayaan diri dan keyakinan merupakan modal untuk mewujudkan cita-cita karena tidak sedikit orang yang gagal mewujudkan cita-cita dan keinginan karena adanya krisis kepercayaan diri.

Kepercayaan diri yang besar, penampilan yang meyakinkan dan intonasi suara yang bisa mempengaruhi orang lain sangat diperlukan dalam pergaulan. Misalnya saja kita mau melakukan loby atau pendekatan terhadap seseorang, yang dibutuhkan pertama kali tentu adanya keyakinan dalam diri kita bahwa kita akan berhasil. Tapi masalahnya banyak orang yang merasa ragu dalam melakukan rencananya. Istilahnya, kalah sebelum bertanding. Dengan memiliki kemampuan Hypnosis, rasa kurang percaya diri itu akan hilang dengan sendirinya. Diganti dengan tumbuhnya keyakinan kuat bahwa apa yang dilakukannya akan berhasil. Tidak hanya itu, mereka yang mampu menguasai ilmu Hypnosis bisa memiliki kemampuan menidurkan orang dalam sekejap, mampu melakukan penyembuhan terhadap berbagai penyakit khususnya berkaitan dengan psikologis. Bagi mereka yang mengalami problem kegemukan, ilmu hipnotis juga bisa mengatasinya. Juga menghilangkan kebiasaan buruk, seperti malas dan sebagainya. Juga untuk melancarkan karir maupun bisnis.

Pada prakteknya, Hypnosis memang erat kaitannya dengan komunikasi dan konsentrasi. Karena itu perlu latihan untuk dapat membuat orang lain mudah mengerti dengan apa yang kita katakan serta konsentrasi atau fokus dengan apa yang kita lakukan. Bagi yang sudah menguasai ilmu komunikasi mungkin lebih mudah mempelajari ilmu ini. Tetapi tidaklah menutup kemungkinan orang yang pendiam, pemalu atau kurang memiliki rasa percaya diri bisa menguasai ilmu Hypnosis ini, karena pada akhirnya siapa yang bersungguh-sungguh mempelajari ilmu Hypnosis insya Allah bisa menguasainya. Kecuali Allah menghendaki lain.

Setelah membaca tulisan di atas semoga bisa menjawab sedikit rasa penasaran dan mengurangi persepsi negatif tentang Hypnosis. Bagi yang sudah mempelajari ilmu ini semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan bagi para trainer Hypnosis semoga lebih berhati-hati mengajarkan ilmu ini kepada orang lain agar tidak disalah gunakan. [SR/SmartStudents]

Beberapa contoh Hypnosis untuk hiburan dapat dilihat di video ini:


0 comments:

Post a Comment