Friday, November 30, 2012

Belajar Tawakkal dari Pak Nil Maizar


Pak Nil Maizar, pelatih timnas sepakbola Indonesia ini sekarang sudah mulai dikenal publik. Apalagi dengan kemenangan 1-0 Indonesia atas Singapura kemarin (29/11/12). Andik Vermansyah menjadi pahlawan skuad  merah putih dalam menundukkan para pemain negeri Singa itu.

Ada cerita unik di balik pertandingan ini, seperti yang diulas Media Indonesia dan diceritakan ulang mas Ridlwan, seorang jurnalis Jawa Pos (@ridlwanjogja) dalam akun Twitter-nya. Sesaat sebelum laga Pak Nil diwawancarai Dan Guen Chin, wartawan asal Singapura, negara yang akan menjadi lawan Indonesia.

"Pak Nil, mengapa Indonesia gagal terus di Piala AFF ?" tanya si wartawan.
"Kemenangan itu butuh proses, jika belum itu karena kehendak Allah." jawab Pak Nil.

Seakan tak puas dengan jawaban Pak Nil, wartawan Singapura itu membalas, "Kesampingkan dulu soal Allah, saya kan bertanya soal pandangan Anda sebagai pelatih."

Pak Nil marah mendengar ucapan si wartawan, "Oh, tidak bisa kesampingkan Allah. Selama ini Indonesia selalu turun dengan pemain bagus, persiapan baik, tapi kalau Allah belum berkehendak untuk Indonesia juara AFF , mau apa?"

Mendengar itu si wartawan Singapura terdiam, sedang Pak Nil masih menyisakan raut kesal kepada si wartawan saat meninggalkan ruang konferensi pers.

Begitulah, kita bisa membuat persiapan terbaik, menggunakan rencana paling matang, meminta bantuan orang-orang hebat, namun hasil lagi-lagi milik Allah. Kalau Allah belum berkehendak, mau apa? Yang sudah berikhtiar maksimal saja masih bisa gagal, apalagi yang tak maksimal... Seperti kata Rasulullah kepada sahabat beliau yang meninggalkan ontanya begitu saja di luar, "Ikatlah dulu ontamu, baru kemudian bertawakkal. " Sebab awalnya sang sahabat berpikir, tak mungkinlah akan hilang, sebab ia sudah bertawakkal kepada Allah atas onta tersebut, jadi tak perlu diikat.

Jadi, sudahkah kita tawakkal dengan cara yang benar? [AP/SmartStudents]


===================================================================
Butuh les privat untuk SD, SMP, dan SMA Nasional dan Internasional di Jakarta dan sekitarnya ? Hubungi kami, LPP Smart Students di 08-777-1313-984 (SMS Center) atau 021 8340-1934 (Call Center)


0 comments:

Post a Comment