Friday, December 14, 2012

Disiplin Waktu




Dalam beberapa buku, seminar atau bahkan penelitian yang dilakukan para ahli psikologi, mungkin kita pernah membaca atau mendengar bahwa kondisi atau keadaan kita saat ini adalah hasil dari apa yang telah kita lakukan pada hari kemarin, atau mungkin sebuah hasil dari proses panjang yang kita lakukan rutin selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Kita pasti tahu, Allah SWT memberikan waktu yang sama kepada setiap orang, yaitu 24 jam dalam sehari, tetapi kenapa kondisi atau keadaan orang berbeda-beda? lebih jelasnya “ kenapa ada orang yang “SUKSES” dan ada orang yang “GAGAL” ??

Faktanya, Orang yang sukses dan gagal mempunyai kesamaan terhadap waktu. Mereka sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari. Yang membuat mereka berbeda adalah apa yang mereka lakukan selama kurun waktu 24 jam itu.

Orang sukses menggunakan waktunya dengan penuh disiplin dan tanggung jawab untuk meraih sukses yang lebih besar, sedangkan orang gagal menghabiskan waktunya dengan sia-sia, seperti bermalas-malasan, tanpa melakukan apa pun yang berarti dan produktif.

Dibawah ini ada sedikit renungan yang saya kutip dari sebuah buku karya Johanes Arifin agar kita mengetahui betapa pentingnya waktu. Bacalah dengan perlahan dan renungkan :

Agar tahu pentingnya waktu SETAHUN, tanyakan pada murid yang tidak naik kelas.,
Agar tahu pentingnya waktu SEBULAN, tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi premature.,
Agar tahu pentingnya waktu SEJAM, tanyakan pada kekasih yang sedang menunggu.,
Agar tahu pentingnya waktu SEMENIT, tanyakan pada orang yang ketinggalan pesawat.,
Agar tahu pentingnya waktu SEDETIK, tanyakan pada orang yang baru saja terhindar dari kecelakaan.,
Agar tahu pentingnya waktu SEMILIDETIK, tanyakan pada peraih medali perak Olimpiade.,

Seperti itulah waktu,

Dalam banyak hal, mungkin kita menganggap bahwa kita sudah cukup disiplin terhadap waktu. Seringkali kita menilai diri kita dari apa yang kita pikirkan atau dari apa yang mampu kita lakukan, namun tanpa kita sadari mungkin seringkali kita lalai terhadap disiplin waktu sehingga banyak hal atau keinginan kita yang belum tercapai.

Sebagai penutup, "Hargailah setiap waktu dan milikilah disiplin terhadap waktu yang kita miliki karena waktu adalah pemberian dari Allah SWT yang sangat berharga, gunakanlah waktu kita dengan hal-hal positif dan produktif, Insya Allah kesuksesan akan menjadi mudah bagi kita”. [SR/SmartStudents].

0 comments:

Post a Comment